Resep Membuat Balado Terong Crispy



Alyminfo Resep dan Cara Membuat Balado Terong Crispy. Terong merupakan salah satu sayuran Khas yang cukup mudah untuk ditemui di Pasar wilayah Indonesia, selain menyehatkan dan mengandung banyak protein, rasanya juga enak loh. Apalagi dibuat masakan yang berbeda dan mungkin itu merupakan hal baru bagi anda. Hmmmm, yummy.
Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas mengenai Cara Membuat Balado Terong Crispy yang rasanya nempel banget dimulut. Terlebih lagi jika bumbu-bumbu yang kita gunakan merasuk banget ke terong tersebut, sudah pasti terasa banget hingga gigitan terakhir.
Sebelum mulai memasak, yuk persiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Balado Terong Crispy ini.

  • Bahan utama yang perlu disediakan tentunya adalah Terong, anda bisa menyediakan 1 atau 2 buah saja, atau mungkin lebih juga tidak apa (Terong Ungu). Selain itu jangan lupa kita cuci terlebih dahulu terong tersebut agar bersih, kemudian potong membentuk bulatan-bulatan berukuran sedang.
  • Untuk membuatnya krispi, kita juga membutuhkan 5 sendok makan tepung terigu dan juga 2 sendok makan tepung beras.

Bahan Pendukung alias Bumbu

Untuk membuat Bumbu dari Balado Terong Crispy yakni kita membutuhkan setidaknya

  • 4 siung bawang putih, 4 butir bawang merah, 2 buah cabai merah (menyesuaikan), 1 buah tomat, gula dan juga garam secukupnya. Selain itu untuk menambah cita rasa yang lebih mantap, kita siapkan juga penyedap rasa sesuai selera secukupnya.
  • Lalu untuk menggoreng tentunya kita membutuhkan minyak, dan guna merebus kita juga membutuhkan Air secukupnya saja.

Langkah-Langkah Membuat Balado Terong Crispy:


  • Pertama kita membuat adonan Basahnya terlebih dahulu, caranya yakni kita masukkan 2 sdm tepung terigu, 2 sdm tepung beras, 2 sdm tepung kobe kedalam satu wadah, setelah itu kita tambahkan sedikit air sambil diaduk hingga rata. Tapi ingat, jangan sampai encer banget ya, akan tetapi jika sudah terlanjur, kalian bisa tambahkan tepung terigunya sedikit lagi.
  • Jika sudah membuat adonan basah, selanjutnya kita membuat adonan keringnya. Silahkan masukkan semua sisa tepung Kobe, kemudian tambahkan juga 2 sdm tepung terigu kedalam wadah.
  • Kalau semua adonannya sudah siap. Panaskan wajan yang sudah diberi minyak, sambil menunggu panas kita masukkan terong yang sudah terpotong bulat-bulat tadi kedalam adonan basah terlebih dahulu, setelah itu kita angkat dan pindahkan ke adonan kering hingga semua permukaannya tertutupi dengan adonan.
  • Setelah itu, kita masukkan terong yang sudah terlumuri tersebut ke dalam minyak yang sudah dipanaskan sebelumnya. Jangan lupa untuk mencubit cubitnya ketika menggorengnya ya, hal ini dilakukan agar teksturnya menjadi keriting.
  • Oh ya, agar berkualitas dan lebih krispi kita posisikan api kompor lumayan kecil saja agar merasuk hingga kedalam. Jika terong sudah berwarna keemasan, kita angkat lalu tiriskan agar minyak yang nempel tidak terlalu banyak.
  • Kemudian kita haluskan bawang merah, bawang putih, tomat dan juga cabai merah.
  • Siapkan wajan yang sudah diberi sedikit minyak, lalu panaskan. Jika sudah cukup panas, masukkan bumbu halus tadi dan tumis hingga baunya tercium WOW. Setelah itu baru deh masukkan tering yang telah digoreng tadi ke dalam tumisan bumbu, lalu kita bolak balik hingga merata.
  • Jika dirasa sudah cukup merata silahkan matikan kompor dan angkat wajan. Lalu pindahkan ke wadah yang telah dipersiapkan. Jadi Deh.

Bagaimana, cukup mudah bukan Cara Membuat Balado Terong Crispy yang telah saya bahas tadi? Yuk buruan coba dan posting sesuatu pada kolom komentar berikut.

Related Posts

0 Komentar untuk Resep dan Cara Membuat Balado Terong Crispy