Cara Menjalankan Komputer Tanpa Menggunakan Hardisk


Ada tidak sih yang bertanya-tanya tentang bisa tidak sih sebuah komputer dijalankan tanpa menggunakan hardisk? Kalau saya yang menjawab sih bisa.
Memang benar sebuah komputer tidak bisa dioperasikan secara normal jika tidak ada device penyimpanan, nah jangan beranggapan hanya hardisk atau ssd saja yang merupakan storage device, hanya dengan mengandalkan sebuah flashdisk saja anda sudah dapat menjalankan sebuah komputer full dengan systemOperasinya, untuk cara menjalankan komputer tanpa hardisk bisa disimak di bawah ini:

Yang pertama yakni siapkan 2 buah flashdisk atau bisa hanya satu saja akan tetapi jangan lupa siapkan cd rom yang sudah siap untuk proses instalasi. Akan tetapi di sini saya akan menjelaskan dengan menggunakan 2 buah flashdisk karena saya beranggapan jika gunakan flashdisk prosesnya lebih cepat.

Masukkan semua flashdisk ke slot USB komputer, dan nyalakan komputer tersebut dan masuk ke menu BIOS(umumnya tekan f2 atau delete) sehingga bisa masuk ke menu instalasi. Kemudian lakukan proses intalasi seperti biasanya dan perlu diingat juga gunakan flashdisk dengan merk yang berbeda, saat anda berada pada menu partisi silahkan pilih merk flashdisk yang masih kosong tadi(jika OS linux 8 Gb saja cukup, akan tetapi jika windows usahakan cari yang lebih dari 16Gb) kemudian pilih OK.

Nah untuk saat ini flashdisk tersebut sudah bisa ditancapkan dimanapun, tanpa anda sadari sebenarnya anda sudah membawa mini computer, bagaimana tidak anda sudah bisa menancapkan flashdisk tersebut di manapun bahkan di komputer tanpa hardisk juga dengan OS yang anda inginkan beserta beberapa file lainnya.

So, dengan begitu anda tidak perlu repot lagi ketika anda meminjam sebuah komputer yang tidak diketahui cara menjalankannya sekalipun.
Nah itulah sedikit ulasan mengenai bagaimana cara menjalankan sebuah komputer tanpa menggunakan hardisk yang bisa anda terapkan dimanapun. Dan jangan lupa tunjukkan kepada teman anda karena tidak banyak yang ketahui tips kali ini, comment and share link artikel ini demi kemajuan dan perkembangan kedepannya ya.
Terimakasih

Related Posts

0 Komentar untuk Cara Menjalankan Komputer Tanpa Menggunakan Hardisk