Kafein Adalah Sahabat Sehat yang Jarang diketahui

Menyeduh kopi ditiap pagi mungkin sudah menjadi kebiasaaan ibu-ibu rumah tangga untuk suaminya, atau mungkin untuk anaknya. Kini, penikmat kopi tidak hanya pria saja. Tak sedikit mereka para wanita atau anak-anak muda belia juga menyukainya.

Tanpa sadar, kandungan kafein dalam kopi ini memang memberikan manfaat menarik. Tak hayal kan, setelah mengkonsumsinya dampak yang kita peroleh adalah lebih berenergi dan lebih bersemangat.

Selain itu, fakta menarik dari kebanyakan yang sudah kecanduan kopi adalah mereka sering di keluhkan dengan rasa pusing apabila tidak meminumnya. Bahkan, berdasarkan dari artikel yang banyak beredar telah dilakukan beragam penelitian untuk mengetahui lebih lanjut tentang kafein.



Ya, meskipun pada dasarnya kopi mempunyai efek negative namun hal itu tak sepenuhnya memberikan pengaruh buruk. Adapun manfaat dari kopi itu sendiri adalah meningkatkan daya ingat dan kemampuan kognitif.

Disimpulkan oleh peneliti kalau orang yang mengkonsumsi kafein dari kopi di pagi hari mempunyai nilai yang lebih baik pada tes dibandingkan dengan mereka yang tidak meminum kopi. Lalu di sebutkan juga kopi dapat meningkatkan kemampuan kognitif alami yang menurun seiring pertambahan usia.

Masih banyak manfaat kopi lainnya seperti melindungi dari penyakit Parkinson. Ini semua karena kinerja kafein dengan reseptor adenosin pada otak. Bagian otak yang terkena efek penyakit Parkinson, memiliki banyak reseptor tersebut. Dengan menghambatnya, kafein sepertinya memiliki efek perlindungan.



Tapi perlu di catat, mengkonsumsi kopi juga dengan takaran yang pas. Hal ini karena pola hidup yang seimbang akan memberikan manfaat baik. Begitupun dengan meminum kopi yang berlebihan juga menimbulkan banyak efek negative.

Apa saja efek negative dari mengkonsumsi kopi yang terlalu banyak? Mudahnya terjangkit osteoporosis. Tubuh kehilangan sekitar 5 mg kalsium tiap mengonsumsi satu cangkir kopi berukuran sekitar 180 ml. Selain itu, dengan meminum kopi tentunya akan mengalami susah tidur.

Anda penikmat kopi? Minumlah sesuai kebutuhan saja.




Related Posts

1 Komentar untuk Kafein Adalah Sahabat Sehat yang Jarang diketahui

  1. Saya juga penikmat kopi tapi ga suka kopi yang pahit. Hahahaha... Menarik artikelnya. Thanks ya..
    www.sharingid.com/9-aplikasi-penting-bagi-traveler/

    ReplyDelete