Sambut Ramadhan 2017, Begini Tips Agar Tubuh Kamu Tetap Segar Bugar!

                Tidak lama lagi kita akan menyambut bulan ramadhan 2017, bagi orang muslim yang sudah berkewajiban berpuasa tentunya hal ini akan menjadi pikiran bagi mereka. Mereka melakukan berbagai cara agar saat bulan ramadhan nanti agar tetap bisa menjalani aktivitas seperti biasanya dalam kondisi yang selalu bertenaga dan bersemangat.
                Saat kita berpuasa otomatis pola makan kita juga akan berubah, yang biasanya bisa sampai 3 kali perhari kini hanya menjadi 2 kali sehari, yaitu hanya saat kita sahur dan berbuka saja. Hal ini akan menjadi factor pengganggu kesehatan karena pola makan yang tidak teratur.
                Biasanya penyakit yang sering menyerang adalah rasa lemas, pusing, lelah yang itu semua diakibatkan oleh asupan nutrisi yang kita makan pada saat sahur di pagi hari tidak dapat memenuhi kebutuhan energy dalam melakukan aktivitas.
                Akan tetapi itu semua tidak akan menjadi masalah karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencukupi kebutuhan energy kita untuk beraktivitas sehari-hari selama bulan ramadhan, hal ini bisa dilakukakan pada saat sahur maupun berbuka, yang penting bukan waktunya berpuasa yaa….
                Yang pertama adalah makan makanan yang bergizi secara seimbang saat sahur maupun buka, makanan bergizi mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan serat. Nutrisi-nutrisi itulah yang sangat diperlukan bagi tubuh dalam aktivitas kita sehari-hari. Akan tetapi kita dianjurkan untuk mengkonsumsi secukupnya saja, karena kalau kita kebanyakan mengkonsumsi makanan bisa jadi malah mengalami kerugian dan berat badan kita akan bertambah serta malas dalam melakukan aktivitas.
                Yang kedua adalah meminum air putih minimal 8 gelas sehari semalam dengan aturan 2 gelas saat sahur dan 6 gelas saat berbuka dan malam hari. Meminum air yang cukup akan mendapatkan konsentrasi yang baik, sehat dan segar sepanjang hari selama berpuasa dan yang paling penting mencegah kita dari dehidrasi saat berpuasa selama bulan ramadhan.
                Yang ketiga yaitu minumlah air putih terlebih dahulu saat berbuka puasa dan jika ada makanlah buah kurma atau makanan yang manis dan hangat. Hindari untuk meminum air es ataupun bersoda terlebih dahulu saat berbuka, karena hal itu malah akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh kita.
                Pada saat makan malam sebaiknya dilakukan satu jam setelah waktunya berbuka atau sesudah shalat taraweh, Karena hal ini akan memberikan kesempatan bagi pencernaan agar bekerja lebih optimal. Terlebih lagi jangan balas dendam pada saat berbuka, Karena bisa jadi system pencernaan kita akan kaget dengan makanan yang masuk dalam tubuh kita, makan secara perlahan dan cukup.
                Yang terakhir yaitu olahraga yang teratur dan istirahat yang cukup. Walupun sedang bulan ramadhan tidak menutup kemungkinan untuk melakukan olahraga, karena olahraga baik untuk menjaga kondisi badan tetap sehat, lakukan olahraga yang ringan saja seperti jalan sore menjelang buka puasa. Dengan semua kegiatan yang telah kita lakukan seharian makan tubuh kita juga membutuhkan waktu istirahat yang cukup yaitu sekitar 7 jam perhari, hal ini bisa dilakukan pada malam hari dan mungkin sedikit pada saat siang hari.
                Begitulah cara agar kita tetap mendapatkan kondisi yang selalu sehat dan semangat selama puasa di bulan ramadhan, karena bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan rugi kalau kita sampai jatuh sakit gara-gara tidak dapat menjaga kondisi tubuh selama berpuasa.

Related Posts

0 Komentar untuk Menjaga Tubuh agar Tetap sehat dan semangat dalam menjalani puasa bulan ramadhan